ads

Welcome to My Blog

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Kumpulan Syair Cinta dan Sajak Cinta Romantis

 
Contoh Syair Cinta dan Sajak Cinta Terbaru - Cinta sejati tetap akan berhuni dihati. Syair cinta yang sungguh romantis cocok diberikan kepada kekasih tercinta. Beberapa contoh syair cinta sejati dibawah pasti akan membuat anda hanyut dalam lautan asmara.

Kata romantis dalam syair cinta lebih romantis dibanding dengan puisi cinta ataupun pantun cinta. Tentu anda sudah kenal dengan Kahlil Gibran, penyair cinta terkenal yang bisa membius setiap orang yang membaca syair-syair cinta yang dibuatnya.

Nah, dibawah ini kamu bisa melihat beberapa contoh syair cinta romantis yang kata-kata cinta sungguh mempesona:


Syair Cinta I


SAAT MALAM TIBA..

Malampun tiba… Ku tatap bulan… Ku sedih… Ku sadar ku sendiri… Ku pandang bintang… Ku bahagia… Ku yakin ada banyak cinta untukku… Kan ku tunjuk satu bintang untuk temani malam-malamku… Hingga esok pagi bintang kan tetap bersinar… Itulah Matahariku…

Syair Kahlil Gibran:


CINTA
Ketika cinta memanggilmu maka dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah ia walau pedang di sela-sela sayapnya melukaimu.

CINTA
Cinta tidak menyedari kedalamannya dan terasa pada saat perpisahan pun tiba. Dan saat tangan laki-laki menyentuh tangan seorang perempuan mereka berdua telah menyentuh hati keabadian.

Syair Cinta II


PERMOHONANKU

Aku mohon padamu…
jangan pernah engkau mengatakan bahwa engkau mencintaiku hari ini… namun entah esok pagi… karena aku mencintaimu… hari ini esok dan seterusnya…

Syair Cinta III


LAFAZ CINTA
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu… Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

Syair Cinta IV


LAFAZ CINTA
Jangan menangis, Kekasihku… Janganlah menangis dan berbahagialah, kerana kita diikat bersama dalam cinta. Hanya dengan cinta yang indah… kita dapat bertahan terhadap derita kemiskinan, pahitnya kesedihan, dan duka perpisahan.

Syair Cinta V


Maaf…

Maaf…Jika perlahan2 rasa ini ku kubur… Terkubur bersama waktu yg trus brlalu… Detik demi detik ku lalui… Hanya untk menunggumu… Meyakinkn ku… Bhwa ada cinta yg indah d masa nanti…

Masa di mana dirimu halal untkku… Dn diriku halal untk mu… .
Maaf… Jika kini yg trsimpan hanya sesal…Membiarkn smua brlalu d hadapnku…

Sedang hatiku diam2 mencintaimu…
Maaf…Kini kubiarkn hati ini menangis… Melepaskn namamu di tiap dinding2 hatiku…
Maaf…Jika kini ku menyerah pada keadaan… Meski hati ini tak pernh rela…
Maaf…Biarkn kata trindah ini ku ucapkn… Maaf…

Penulis: Auliah Mulfa

Sajak Cinta VI


DALAM DIAM… AKU MENCINTAIMU

Tanpa ku sadari, engkau hadir dalam hatiku…. Tak banyak yg ingin ku ungkapkn…. Hanya itu. Mugkin ini salah, krn trlalu cepat ku mencintaimu smntara aq tak mengenalmu…. Ku hanya ingin memberimu cinta namun tak ada wadah yg kau berikan…. Engkau diam, aq pun diam… Tak ada isyarat yg meyakinkn ku… Dan kini aku lemah dlm jebakan cintamu. Aku takut ketika ku sendiri. Namun ketakutn ku smkin menjadi2 ktka engkau hadir di hatiku…. Karna kini aq meragu…

Sajak Cinta VII: Puisi Cinta


TETAPLAH  DISISIKU

Ya Allah…
Dimanakah ku harus berlabuh…
Saat semua dermaga menutup pintu,
Dan berkata “ ini bukan untukmu…”
“Segara menjauh karna disini bukan tempatmu….!!!”

Ya Allah…
Katakan padaku, dermaga untukku berlabuh…???
Agar ku segera menghela nafas kehidupan yang baru.
Sampai kapan ku harus arungi waktu,..
Ku lelah Menunggu suatu yang tak pasti walau hanya Satu,..

Ya Allah …
Beri aku penerang jalan-Mu
Agar tak tersesat saat ku melaju,..
Kuatkan awak kapalku,
Saat badai menghalangi jalanku

Ya Allah …
Tetaplah disisiku,
Jangan Engkau menjauh dariku…
Karna ku mati tanpa hadir-Mu

Nah, itulah contoh syair cinta yang bisa dipublikasikan kali ini. Segera beberapa sajak cinta yang lain akan diposting. Jangan lupa untuk tetap memiliki cinta, karena cinta membuat kehidupan lebih indah.

INFO WARNET : SETTING BILLING EXPLORER

Hari ini saya akan memberikan cara mensetting biaya, ganti opperator dll di billing explorer. Oke gak harus panjang lebar langsung saja menuju pembahasan ! Cek this out brada!





1. SETTING KONFIGURASI
a. Pilih menu FILE >> SETTING KONFIGURASI atau bisa langsung menekan F2
b. Kemudian akan tampil perifikasi password, silahkan masukan password standar 008 atau jika sudah dirubah silahkan masukan pasword nya.
c. Maka akan muncul tampilan utama Setting Konfigurasi seperti di bawah ini :


d. Untuk setting biaya silahkan klik menu SETTING BIAYA >> SYSTEM GROUP

Ket : Gambar diatas!
Ganti pengaturan daftar, contoh pengaturan personal. Waktu minimal 30 (menit) Biaya Rp. 2000. dan setelah 15 menit adalah Rp. 1000. Maksudnya adalah, pertama log in akan dikenakan Rp. 2000 meskipun hanya 2 menit. Namun jika yang main adalah lebuh dari 30 menit maka setiap 15 menit akan dikenakan 1000. Jika yang main adalah 1 - 45 menit berarti Rp.3000 yang harus dibayar, 1-60 menit Rp.4000 . Begitupun seterusnya.

e. Untuk setting paket, silahkan klik menu SYSTEM PAKET di sebelah menu Setting Biaya
Silahkan isi biaya, durasi dan password masuk paketnya sesuai yang anda mau.

f.. Daftar operator bisa anda tambah jika lebih dari atau biasanya operator hasil crack op nya FITRI. (tidak penting)
g. Khusus buat yang punya warnet ( owner ) masukan alamat email anda jika anda ingin menerima laporan pendapatan warnet anda. Anda dapat mengatur pengiriman email tiap berapa menit atau tiap ganti operator/ganti SMPT servernya (ini juga gak begitu penting malah terkadang gak berhasil alias gagal).
h. Jika warnet menyediakan makanan dan minuman anda bisa mengisi disini, kode,nama barang dan harga juga stoknya.
i. Blokir sebuah situs juga bisa anda lakukan di billing ex ini supaya tidak bisa diakses di net anda. Tinggal masukan alamat web yang ingin di blokkir, biasanya yang bersifat negatif.

2. CARA MEMINDAHKAN CLIENT
a. klik kanan di no client yang anda akan pindahkan kemudian pilih MOVE CLIENT
b. klik di pc yang akan di pindah, kemudian klik icon berwarna putih urutan ke 8 dari sebelah kanan


3. REPORT PENDAPATAN
a. Klik menu VIEW >> Report Data >> View
b. dengan menekan CTRL+R
c. Atau dengan mengklik icon jejeran ke 7 dari sebelah kiri

4. LOCK CLIENT adalah icon untuk mengunci semua client supaya para pelanggan tidak bisa sembarangan masuk kecuali si op membukanya! iconnya berada di urutan ke 5 dari kiri
5. UNLOCK CLIENT yang berada di urutan 6 sebelah kiri berguna untuk membuka kunci atau memberikan izin konsumen untuk masuk billing!
6. GANTI OPERATOR (klik icon seperti smile/ke 2 dari kiri)
7. GANTI PASWORD CLIENT (icon berupa kunci/ke 4 dari kiri)

Mencitai Dia Yg Tak Mencintaiku


Aku duduk di depan laptopku sembari menuliskan beberapa kata yang tertumpuk menjadi kalimat-kalimat mengenai aku dan dia. Dia yang kini tak ada di sisiku lagi.  Dia memang tidak mencintaiku, aku tahu itu. 4 tahun hidup bersama namun semuanya sirna bagaikan mimpi, pengorbanan yang kulakukan tak pernah di hargai. kini kehidupan yg ku jalani  adalah dengan cara hidup  dengan sebaik-baiknya hidup, bernapas dengan sebaik baiknya bernapas di alam hijau.
 
Aku baru menyadari Dia tidak mencintaiku. Tidak pernah, katanya. Walaupun aku mengatakannya dia tak pernah mencintaiku, katanya. 
 
Tapi aku mencintainya. Selalu, kataku. Walaupun dia menolakku untuk mencintaiku, kataku. Aku tetap mencintainya, bahkan sampai kapanpun ku kira. Sampai aku sudah tidak bisa menulis lagi.


Dia tidak mencintaiku, aku tahu itu. Aku mencintainya, dan dia tahu itu, dan kini aku  melupakanya. Melupakan cintaku pada dia adalah obat terbaik untuk hatiku kini, Sepahit apapun sebuah kenyataan, tetaplah lebih baik daripada ilusi. Untuk apa aku merasakan kebahagiaan semu dengan terus berasumsi bahwa dia memiliki perasaan yang sama dengan aku, padahal tidak.
 
Bangunlah dari mimpi dan harapan yang kandas, terimalah kenyataan ini!

Saat Dirimu Merasa Sedih dan Hampa, Tapi Gak Tahu Penyebabnya


Perasaanmu memang tidak bisa berbohong... 

Pasti ada hari-hari di mana kamu hanya ingin menyerah saja, di mana rasanya kamu ingin sembunyi saja di balik selimut dan nggak pernah keluar. Pasti ada hari-hari di mana rasanya langit itu nggak berwarna biru, tapi cuma abu-abu. Memang kadang ada waktu di mana kita merasa kalau gak ada yang benar di hidup kita, rasanya semua sia-sia aja, dan entah kapan akan datang hari yang lebih baik dari ini.
Dan lebih lagi, berat banget rasanya untuk terus berusaha. Kadang memang hidup itu rasanya susah banget, lebih susah dari yang kamu bayangkan. Kamu bahkan nggak pernah nyangka kalau hidup bisa memperlakukanmu begini. Jika dilihat orang awam dari luar, sepertinya semua baik-baik saja, tapi di dalam, kamu tidak bisa menemukan kebahagiaan.

Kamu terus berpikir dan terus berpikir. Apa yang salah? Kenapa bisa begini? Seharusnya aku berbuat apa? Dan meski terus bertanya dan terus mencari, jawaban itu tidak bisa kamu temukan. Kamu hanya merasa gak cocok untuk ada di sini lagi.

1. Saat kamu merasa sedih, merasa hampa dan kamu gak tahu kenapa. Kamu gak bisa menjelaskan perasaan ini dengan kata-kata, tapi kamu tahu apa yang kamu rasakan

Mungkin kamu sudah lelah sama yang namanya hidup. Mungkin ini perasaan yang sering datang menghantuimu, tapi biarlah. Meskipun kegalauan itu melanda, kamu jangan menyerah. Kamu boleh merasa lelah, capai, dan sedih - tapi janganlah kamu menyerah.
Mungkin tidak banyak yang bisa kamu lakukan sekarang, tapi mulailah dengan bernafas dulu. Tarik nafas dalam-dalam, dan lepaskan. Lepaskanlah semua beban dan ekspektasi yang kamu pikul itu. Mungkin tujuanmu hari ini adalah hanya untuk bernafas dan bertahan, nggak apa, itu bukan hal yang buruk kok.

2. Mungkin kamu merasa kamu sudah terlalu rusak untuk bisa diperbaiki, atau rasanya otak sudah gak bisa jalan lagi. Tapi percayalah tubuhmu itu kuat, kamu pasti akan membaik

Tiap hari kamu masih ada disini, kamu masih diberi kesempatan untuk memperkuat dirimu lagi. Percayalah, kamu nggak rusak total kok. Kamu hanya luka-luka sedikit saja. Tidak ada yang selamanya di dunia ini, termasuk perasaan sedih dan galau juga. Jadi bersabarlah sedikit, tunggulah sebentar, hari-hari susah ini akan berlalu juga.
Percayalah, kamu akan membaik. Kamu akan menemukan hal-hal yang membuatmu bahagia lagi. Kamu akan bertemu orang-orang yang bisa membuatmu tersenyum lagi. Dan kamu akan pergi ke tempat-tempat yang membuatmu terkagum-kagum akan dunia ini. Percayalah, karena kamu itu kuat. Ingat: sedih bukan berarti kamu lemah!

3. Akui saja, kamu lagi sedih. Kamu gak perlu mengecilkan perasaanmu

Jangan berpikir kalau bersedih artinya kamu lemah atau kalah. Sedih jugalah perasaan, ini adalah yang normal. Setiap orang pasti merasakanya. Biarkanlah dirimu merasakan apa yang harus kamu rasakan itu. Tak apa kita jatuh, tak apa kita salah. Dan tidak apa jika kita sedih hari ini dan ingin menangis, sungguh tidak apa.
Terimalah perasaan sedih dan galau ini saat mereka datang, tapi ketahuilah kalau mereka hanya pengunjung sementara, mereka tidak akan tinggal selamanya. Ketahuilah kalau kamu punya kekuatan untuk menentukan nasibmu sendiri. Kamu bisa dilanda kesedihan, tapi kamu tetap bisa memilih untuk terus berjuang.

4. Mungkin hari ini kamu belum ingin berjuang. Tapi saat kamu sudah siap dan akan berjuang mencari keindahan itu, ia akan menunggumu di sana

Dan saat kamu sudah siap untuk melangkah keluar dari kesedihan itu, kamu bisa memulai dengan langkah-langkah kecil, atau dengan mencari keindahan-keindahan kecil di sekelilingmu.
Dan kamu harus tahu, kalau kamu itu bermakna dan berharga. Tidak ada yang bisa menjadi dirimu selain kamu. Kamu masih bertumbuh, kamu masih belajar, kamu berpotensi besar untuk menjadi hebat suatu hari nanti. Kamu sempurna sebagaimana adanya kamu, jadi terimalah nasihat ini.

Bernapaslah, kamu akan baik-baik saja.

 


 


 


 

Mendapatkan Uang dari aplikasi Kwai Go

Hallo Brada,

Diartikel kali ini, Saya akan memberikan Tutorial Cara bermain di aplikasi Kwai Go hingga mendapatkan Uang secara mudah.

Kwai Go adalah aplikasi tentang Video Pendek yang bertujuan untuk menghibur. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan Uang untuk anggotanya hanya dengan menyelesaikan beberapa misi.


Cara mendapatkan Uang di Kwai Go


Sebelumnya Anda harus menyiapkan Smartphone, Koneksi Internet, Nomor Handphone, dan Akun Google.
Jika sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan diatas, silahkan melanjutkan membaca Tutorial ini.
1. Pertama, Anda harus membuat Akun Kwai Go, Silahkan klik disini untuk mendaftar.

2. Kedua, Pilih "Buka Sekarang!" Untuk melanjutkan.

3. Ketiga, Anda disuruh untuk mendaftar menggunakan Nomor Handphone.
Yang harus Anda lakukan adalah:
1. Isi Nomor Handphone
2. Pilih "Kirim".
3. Masukkan Kode Verifikasi yang telah diberikan oleh pihak Kwai Go.
4. Pilih "Daftar".

Sampai disini Anda sudah berhasil mendaftar Kwai Go dan secara otomatis Anda akan tertuju ke Playstore. Silahkan download aplikasi Kwai Go.

Jika sudah didownload langsung buka saja apknya.

Langkah untuk masuk ke aplikasinya:

1. Pertama, Silahkan tunggu beberapa detik dan akan muncul akun Google yang tertaut di perangkat Smartphone Anda. Silahkan pilih salah satu akun Google dan pilih "Izinkan"
Silahkan tunggu beberapa detik dan akan muncul akun Google yang tertaut di perangkat Smartphone Anda. Silahkan pilih salah satu akun Google dan pilih "Izinkan"

2. Kedua, Akan muncul bonus Rp.1000,- hingga Rp.100.000,- secara acak hanya dengan membuat Video. Pilih "Buat Videomu Sekarang" untuk melanjutkan membuat Video.
Jika belum ingin membuat Anda bisa close bonus ini.
Sampai disini Anda sudah berhasil masuk. Untuk langkah selanjutnya yaitu mengisi Nomor Handphone untuk Verifikasi, Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama, Silahkan pilih "Vlogku" kemudian pilih "Kwai Koin".

2. Kedua, pilih "Hadiah Harian" dan lengkapi kolom yang telah disediakan kemudian pilih "Ok".

Sampai disini Anda sudah berhasil mendaftar dan masuk ke aplikasi. Untuk langkah memperoleh Uang Anda harus mencari Kwai Koin terlebih dahulu. Kwai Koin bisa Anda dapatkan dengan cara berikut ini:

1. Absen setiap hari
Setiap kali Absen Anda akan memperoleh 0.2 Koin atau setara dengan 200 rupiah.

2. Mendaftar melalui link diatas
Ketika Anda mengikuti petunjuk ini dan mendaftar melalui link diatas, Maka Anda akan memperoleh 1.5 Koin atau setara dengan 1500 rupiah.

3. Membuat Video
Setiap kali Anda membuat Video maka Anda akan memperoleh Koin dari 1 - 100 (Awal ketika ingin masuk aplikasi).

Tidak hanya bonus awal ketika mengupload Video saja, Anda juga bisa memperoleh bonus lebih banyak lagi jika Anda membuat Video yang berkualitas.

4. Mengundang teman
Jika Anda berhasil mengundang teman melalui link refferal Anda, Maka Anda akan memperoleh Bonus. Berikut ini adalah sistem Bonus dari aplikasi Kwai Go:

  • Ketika teman Anda berhasil mendaftar dan login, Maka Anda akan mendapatkan 1 koin dan teman Anda mendapatkan 1.5 koin.
  • Jika teman Anda mengupload Video di hari berikutnya, Maka Anda akan mendapatkan tambahan 1.5 koin dan teman Anda 2 koin.
  • Jika teman Anda memperoleh 50 Followers dan 20 koin dalam seminggu maka Anda akan memperoleh 100 koin dan seterusnya.
  • Anda akan memperoleh 25% bonus dari teman Anda tanpa mengurangi penghasilannya.
Untuk minimal penukaran adalah Rp. 10.000,- dan penukaran hanya bisa melalui Bank.
Sebelum melakukan penarikan, Anda harus mengisi Informasi Bank terlebih dahulu.

Nah, itulah Tutorial mengenai Kwai Go. Jika Anda mempunyai pertanyaan atau pengalaman, Silahkan berkomentar di bawah.

KU TUTUP RUANG HATI UNTUKMU


Hati ku tak lagi sama seperti kita berdua bersama
Hati ku telah banyak belajar dari apa yg engkau ajarkan
Penghianatan, kekecewaaan, dusta, dan kesedihan
Semua  sakit ini telah kau ajarkan untuk hati ku

Lantas  apalagi yang harus aku rasakan lagi
Tak puaskah kau menghancurkan kehidupan ku
Mungkin sekarang engkau bahagia dan tersenyum
Dalam penderitaan yang aku alami namun aku masih bisa bangkit
Dan tersenyum untuk orang-orang yang peduli dengan ku

Tanpa mu kini aku dapat tertawa lepas
Tanpa mu kini aku dapat bernapas  lega
Tanpa mu membuat aku kuat dengan penderitaan
Tanpa mu aku pun dapat hidup di dunia ini

Hati ku tak lagi megharapkan kehadiran mu
Hati ku sudah tak tersisa ruang lagi untuk mu
Hati ku tak ada lagi tertulis nama mu
Hati ku kini lebih bahagia tanpa mu

#sandi_sagita

Tanda Perlu Diinstal Ulang "Komputer, Notebook & Laptop"


Apakah Anda sudah tahu bagaimana  cara menginstal ulang sistem komputer? Jika Anda belum tahu, maka Anda bisa menghubungi Kami  Tabaos Computer Solutions khusus untuk Wilayah Ambon dan sekitarnya.

Kalau masih ada yang pakai Windows XP, sebaiknya diupgrade saja ke Windows 7 ya, agar program-program tersebut bisa lebih kompatibel.
“Tapi, tahukah Anda kenapa komputer itu perlu diinstall ulang sistem operasinya?”
Beberapa masalah yang terjadi pada komputer yang perlu untuk diinstall  ulang ini, lebih banyak disebabkan oleh virus atau kerusakan sistem, serta program yang tidak kompatibel dengan hardware atau  sistem operasi Anda. Akibat yang ditimbulkan dari hal tersebut akan menimbulkan tanda-tanda komputer Anda perlu untuk diinstall ulang sistem operasinya kembali. Tanda-tanda tersebut bisa Anda lihat di bawah ini.

1.  Proses Loading Lambat

Tanda pertama ini tentu awal dari segala hal yang selanjutnya akan mempengaruhi kinerja komputer Anda. Karena, dengan proses kerja yang lambat tentunya juga akan membuat komputer Anda lambat dalam membuka aplikasi apalagi  memprosesnya. Padahala, spesifikasi dari laptop atau komputer yang Anda miliki sudah yang paling tinggi yang bisa disetarakan dengan laptop gaming  atau pun desain grafis. Kalau sudah memiliki tanda pertama seperti ini, maka yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan CD/DVD Sistem Operasi yang ingin Anda gunakan untuk melakukan install ulang tersebut.

2. Program Biasa Tertutup Sendiri

Saya terlalu sering mengalami hal ini, dan ini sudah termasuk dalam tanda yang cukup kronis pada komputer yang harus segera diinstal ulang. Kenapa Saya katakan sebagai tanda kronis? Coba saja Anda bayangkan jika setiap program yang Anda buka pada komputer tertutup kembali dengan sendirinya. Belum lagi jika program tersebut sementara Anda gunakan, lalu tiba-tiba tertutup dengan sendirinya, padahal pekerjaan belum disave. Kalau terjadi seperti ini, sepertinya bukan hanya sistem operasi yang harus diinstal ulang, monitor juga bisa jadi harus diganti (terkena pukulan), hehehe.

3. Komputer Lambat Booting

Untuk yang satu ini memerlukan pemeriksaan yang lebih detail. Komputer yang lambat loading pada saat booting bisa jadi karena adanya beberapa program yang otomatis berjalan pada saat komputer Anda mulai logon. Untuk itu Anda perlu melakukan pemeriksaan dulu pada bagian startup Anda. Program yang otomatis jalan pada saat komputer sedang booting tentunya akan  membuat komputer Anda lambat dalam booting. Untuk itu, pastikan dulu startup Anda kosong. Akan tetapi, jika startup Anda memang sudah kosong, tapi masih juga lambat booting, maka cara terbaik adalah dengan melakukan penginstalan ulang sistem operasi.

4. Program Sering Not Responding

Penyebab dari program  yang Not Responding memang sangat banyak. Namun, ini tentunya adalah tanda bahwa sistem operasi dari komputer Anda mengalami masalah. Untuk menemukan masalah tersebut tentunya yang harus Anda lakukan adalah penyebabnya. Tapi, kalau masalahnya pada kerusakan sistem, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menginstal ulang sistem operasi komputer Anda. Dengan penginstalan ulang ini akan membuat semua sistem Anda kembali seperti baru lagi.

12 Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.
Meskipun harga laptop sekarang bisa dibilang cukup murah, merawat laptop perlu dilakukan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan berumur lebih lama.

Jarang sekali mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama. Melalui artikel berikut ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya mengenai bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Bagaimana cara merawat laptop dengan baik ?

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang mengabaikan kesehatan laptop mereka. Hampir setiap saat kita menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas seperti tugas sekolah maupun tugas kantor, tetapi jarang sekali kita merawatnya.
Langsung saja, lakukan hal-hal berikut ini guna merawat laptop kesayangan anda agar tetap awet dan berumur lebih lama.

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat


Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka gaming atau gamer.
Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop anda bocor.

2. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur


Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman.
Tetapi perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.

3. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.


Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya.
Karena air merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop anda. Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.

4. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop


Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal. Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

5. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin


Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan.
Bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara rutin.

6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda


Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD.
Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan.

7. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil


Jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak kecil untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Namanya juga anak kecil, bisa jadi mereka menganggap laptop kesayangan anda sebagai mainan.

8. Jauhkan Makanan dari Laptop

Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

9. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari

Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

10. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet

Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop.
Saya sarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.

11. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda.
Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

12. Perhatikan Suhu Laptop Anda

Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop.
Seperti yang di alami teman sekelas saya, dia sering menggunakan laptopnya untuk bermain game berat tanpa memperhatikan suhu pada laptopnya.
Alhasil, setelah saya cek suhu hardwarenya menggunakan software HWMonitor. Mengejutkan sekali, suhu laptopnya mencapai 90°C! Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C. Padahal laptop tersebut masih berumur kira-kira 1 tahun.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, saya harap anda lebih memperhatikan lagi laptop anda. Rawatlah dengan baik-baik. Hindari hal-hal yang dapat membahayakan laptop kesayangan anda.
Sekian untuk artikel hari ini, saya sangat senang sekali jika artikel yang saya tulis bermanfaat bagi anda.
Sampai Jumpa!

A Little Note For You

Senja, waktu yang selalu aku nanti, sekaligus membuat aku ketakutan. Semburat awan di langit terlihat indah. Kutatap dengan kagum pada ciptaan Tuhan itu. Tetapi, mentari terbenam membuat rasa kagumku berubah menjadi rasa takut. Senyuman tipis yang tadinya ada menghilang entah kemana. Aku begitu ketakutan. Takut jika malam tiba, dan esoknya aku tidak bisa melihat keindahan senja lagi. Bahkan sepanjang hari aku selalu merasa takut. Takut akan malaikat yang bisa menjemputku kapan saja. Entah bagaimana rupanya aku tidak tahu. Tapi ketakutan itu muncul setiap saat. Takut kalau masih ada orang merasa tersakiti karenaku, sengaja ataupun tidak. Takut aku pergi saat belum bisa membahagiakan orang-orang kesayanganku. Takut aku akan sendirian nantinya. Lewat catatan kecil ini aku mengabadikan hari-hariku. Jadi aku bisa mengingatnya kapanpun aku mau sampai batas akhir nanti.
Satu hari telah aku lewati, entah berapa hari lagi yang tersisa. Aku sudah menghabiskan 22 tahun hidup di dunia. Entah kapan aku akan pergi.
Ayah, Ibu, kalian apa kabar? Baik-baik sajakah di sana?
Kupandangi langit yang mulai berwarna jingga. Deburan ombak masih terdengar di pendengaranku. Angin laut mulai berhembus kencang. Kupeluk diriku sendir dan mengeratkan syal di leherku. Tubuhku sedikit menghangat.
Tiba-tiba seseorang menepuk pundakku. Aku menoleh dan tersenyum tipis ke arahnya.
“Masih mau di sini?” tanyanya.
Kupandangi pemuda berusia 25 tahun itu lekat. Orang yang sangat aku sayangi. Orang yang berarti dalam hidupku.
Ia sodorkan tangannya dan aku meraihnya. Kututup catatan kecilku dan kumasukkan ke dalam tas selempang kecil milikku.
“Ayo pulang” ujarku padanya.
Aku pun melangkah di sampingnya. Di samping lelaki hebat yang selalu menjagaku. Ialah, Nanda. Kakakku yang sangat aku sayang. Ia satu-satunya yang aku miliki. Seseorang yang berharga. Seseorang yang selalu menjagaku.
“Mau es krim?” tanyanya.
Aku mengangguk pelan seraya memeluk lengannya.
Ia selalu tahu kesukaanku.
“Nomor yang anda tuju sedang tidak aktif, cobalah… piipp”
Aku kesal seraya membuang ponselku di ranjang. Sudah kesekian kalinya suara operator yang menjawab. Aku pun keluar ke balkon dan memandangi panorama pantai di depanku. Aku meminta kakakku untuk tinggal di dekat pantai, karena itu kesukaanku. Sekaligus tempatku menenangkan diri.
Aku mendengus kesal sekaligus kecewa. Sudah 2 minggu ia susah dihubungi. Ya, Dani, kekasihku. Aku tidak tahu apa kesibukannya sampai-sampai mematikan ponsel. Padahal aku hanya ingin ia selalu ada di sisiku. Menemaniku saat aku ketakutan.
Kini ia menjadi berubah. Entah karena apa. Selalu bilang tidak ada waktu dan selalu sibuk. Terkadang aku khawatir. Pada keadaannya juga keadaan di sana.
Benarkah ia sibuk? Sibuk dengan apa? Sibuk dengan siapa?
Siapa? Apakah ada orang lain di sana sampai-sampai mengabaikanku?
Oh tidak. Aku tidak boleh memikirkan hal yang aneh. Aku percaya dengannya. Aku percaya ia tidak akan macam-macam. Ia sudah memintaku untuk menunggunya. Menunggunya yang akan memintaku pada keluargaku. Memintaku untuk menjadi pendamping hidupnya. Aku harus lebih sabar. Mungkin ia benar-benar sibuk.
“Kau sedang apa?”
Aku berbalik dan memandangi kakakku membawa nampan berisi makanan juga susu.
“Makanlah dulu, kau belum sarapan kan?” Ia letakkan nampan itu di atas meja di dekatku.
Aku tersenyum ke arahnya dan melaksanakan perintahnya.
Tak lama aku habiskan makanan dan susu yang disediakan kakakku itu.
“Dani masih belum bisa dihubungi?” tanyanya.
Aku menggeleng lemas dan menghela nafas panjang.
“Ia sedang sibuk, tidak apa-apa. Yang penting kakak ada di sisiku.” ucapku lembut. Aku tidak mau membuat kakakku melihat kegelisahanku.
“Hari ini mau ke mana tuan putri?” ujarnya seraya mencubit pipi chubbyku.
Aku berfikir sejenak dan tersenyum ke arahnya.
“Kita ke tempatnya Dani aja kak, yaa..” pintaku memohon.
Sudah lama aku tidak bertemu dengan Dani karena kesibukannya. Aku ingin membuat kejutan untuk Dani. Sekaligus melepas rinduku padanya.
“Baiklah tuan putri.” balas kakakku.
Kuamati dalam rumah kontrakan Dani. Meski hanya sebatas menyewa, aku bangga padanya, bisa bertahan hidup meski tanpa bantuan orangtuanya.
Aku masuki pekarangan kontrakan Dani. Terlihat seorang nenek menghampiriku.
“Nak Aila, ayo masuk” ajaknya.
Aku tersenyum dan mengikutinya. Sementara kakakku mengekor dari belakang.
“Sudah lama tidak ke sini, ayo duduk dulu, Dani sepertinya belum pulang.” ucap nenek itu.
Aku sudah lama mengenalnya. Ia pemilik kontrakan Dani dan kita cukup dekat.
“Apa Dani menitipkan kunci nek? Aku ingin memasak untuknya.” ucapku lembut.
Dani memang sering menitipkan kunci kontrakannya karena ia sering menghilangkannya.

Tak lama nenek itu keluar dengan membawa sebuah kunci, aku menerimanya dan bangkit.
“Kau di sini saja ya kak.” pintaku.
Kakakku itu hanya mengangguk.
Kubuka pintu kontrakkan Dani dan memasukinya. Terlihat sedikit berantakan dan aku merapikannya.
Aku pun memasuki dapur sederhananya dan mencari bahan yang bisa dimasak.
Isi kulkasnya pun masih penuh. Aku ambil sedikit daging, telur, sayuran dan buah.
“Dani, aku buatkan nasi goreng kesukaanmu ya.” aku berucap sendiri.
Aku ambil sedikit beras dan menanaknya sebentar. Tidak sulit untukku membuat makanan kesukaan Dani, karena kita juga sering membuatnya bersama.
35 menit selesai dan aku sediakan di meja makan. Seraya meletakkan buah-buahan untuk pencuci mulut.
Baru mau aku meletakkan celemek yang aku pakai, pintu depan terbuka. Terlihat sosok Dani berdiri mematung memandangiku. Sosok yang 2 tahun terakhir menemaniku. Sosok yang aku rindukan kehadirannya.
Aku tersenyum dan menghampirinya.
“Kau sudah pulang? Aku sudah memasak makanan kesukaanmu.” ujarku seraya meraih tasnya.
Ia tetap pada posisinya sementara aku menggantungkan tas kerjanya.
“Apa kau masih ingin di sana saja dan membuat nasi gorengnya dingin Dani.” ujarku seraya menarikkan kursi untuknya.
Ia berjalan pelan ke arahku tanpa kata apapun. Ia pun menduduki kursi yang sudah kusediakan.
“Kau pasti lelah dan lapar.” ujarku seraya menuangkan air minum.
Tingkahku sudah seperti seorang istri yang menyambut kedatangan suaminya bukan? Aku terkekeh pelan. Hitung-hitung latihan. Aku selalu berpikir masa depan kita nanti. Tentunya indah bukan? Tapi aku juga tidak berharap banyak.
“Cukup Aila!” ujarnya agak kasar.
Aku terpaku menatapnya. Seolah bukan Dani yang kukenal.
“Ma.. maaf, apa aku ada salah?” tanyaku tak mengerti.
“Aku lelah Aila. Aku mau istirahat. Kau sebaiknya pulang saja.” ucapnya seraya meninggalkanku.
Aku tertunduk lemas. Apa salahku? Sampai ia begitu? Sikapnya berubah. Biasanya ia akan sangat senang aku perlakukan seperti ini. Tapi kenapa sekarang berbeda?
“Dan, apa aku mengganggumu, maafkan aku.” ucapku seraya mengetuk pintu kamarnya.
Tak ada jawaban apapun.
“Ya sudah, aku pulang, kau istirahatlah. Jaga kesehatan ya.”
Aku pun segera pergi dan menahan air mata yang sebenarnya ingin keluar. Aku tidak ingin kakakku itu nanti khawatir.
‘Dan, kau marah padaku’
‘Dani, kau kenapa sih?’
‘Kau sibuk ya, maaf, aku tidak bermaksud mengganggumu kemarin’
‘Dani, ayo jawab’
Tak lama ponselku berbunyi. Tanda pesan masuk.
Dani:
Maaf, aku sibuk
Aku pun lemas seketika. Sebegitu sibuknya kah sampai tak ada waktu denganku. Padahal ia dulu sering sekali ke rumah, sekarang sama sekali tidak. Bahkan ia selalu mencari alasan saat aku meminta bertemu.
Aku pun merebahkan tubuhku di ranjang. Aku terlalu lemas untuk sekedar duduk. Mataku memanas. Cairan bening pun perlahan turun.
Pandanganku tiba-tiba suram. Nafasku mulai tak beraturan. Ku pegangi dadaku yang mulai terasa sakit. Mungkinkah serangan itu datang lagi?
“Kak… Nanda…” lirihku
Nafasku perlahan terasa sesak. Aku mencoba bangkit, namun nihil. Aku terjatuh dari ranjang dan tak pandanganku mulai gelap.
“Keadaannya sudah stabil, kita lihat perkembangannya nanti”
“Terimakasih dok”
Samar-samar kudengar percakapan itu. Mataku perlahan membuka dan melihat lelaki kesayanganku di sampingku.
“Kak..” lirihku.
Ia mendekat dan tersenyum padaku.
“Tidak apa-apa. Kau sudah stabil sekarang. Maafkan aku Aila, tidak bisa menjagamu.” ujar kakakku.
Aku tersenyum ke arahnya. Sementara kurasakan ada selang oksigen di hidungku dan selang infus di tangan kananku.
“Aku dirawat lagi ya kak?” tanyaku.
Ia mendekat dan menggenggam erat sebelah tanganku.
“Aku akan selalu menjagamu sayang.” ujar kak Nanda.
“Aku baik-baik saja kok kak. Aku tidak sakit apa-apa, kenapa harus dirawat?” tanyaku.
“Lebih baik kau menurut saja ya. Jangan berpikiran yang lain. Kau pasti bisa sembuh.” ucapnya.
Aku hanya menggangguk pelan seraya menahan rasa nyeri yang perlahan terasa kembali didadaku. Aku tidak mau membuat kak Nanda khawatir.
Kakakku benar, aku harus bisa sembuh.
Seminggu setelah aku dirawat dan kini aku bisa merasakan udara bebas. Tetap saja Wajahku terlihat lesu. Aku kecewa dengan Dani. Selama aku sakit, ia sama sekali tak menunjukkan batang hidungnya atau hanya sekedar menanyakan keadaanku. Itu pun ia masih sulit untuk dihubungi.
“Tidak apa-apa, masih ada aku kan?” ucap kak Nanda menenangkanku. Sepertinya ia tahu kegelisahanku.
Aku hanya tersenyum tipis.
“Terimakasih kak, maaf sudah merepotkanmu selama ini.”
“Kau bicara apa sih, sudah tugasku menjada adik yang sangat aku sayangi. Aku tidak ingin kehilangan lagi. Hanya kau yang aku punya Aila. Aku tidak ingin sendirian.” balas kak Nanda.
Rasanya aku ingin menangis.
“Aku juga tidak ingin kakak sendirian.” batinku.
“Kalau begitu, carikan aku kakak ipar, biar ada yang bisa membantu kakak.” kata itu yang bisa terucap.
Kak Nanda hanya terkekeh pelan.
Aku duduk di samping kakakku yang sedang menyetir. Pandanganku kosong. Kembali aku terpikir dengan Dani.
Ke mana saja ia selama aku sakit? Apa ia sudah tidak peduli padaku? Apa memang aku tidak penting untuknya?
Perlahan air mataku menetes. Aku tak habis pikir dengan Dani, kenapa ia berubah. Aku salah apa?
Tak ku kira kak Nanda membawaku ke tempat kerja Dani. Aku terkejut menyadari yang terjadi.
“Kau merindukannya bukan? Aku tahu itu” ujarnya.
Aku terharu kakakku sangat mengerti aku. Ia bakan tahu hal yang tidak aku ucapkan sekalipun.
Aku pun turun dan menunggu Dani diparkiran. Jam 14. 00 biasanya jam pulang Dani.
Tak lama mataku melihatnya.
“Dani..” teriakku dan tersenyum ke arahnya.
Tapi wajahnya terlihat tak suka melihatku. Aku pun berjalan pelan menghampirinya.
“Aku merindukanmu.” ucapku seraya memeluknya.
“Sangat… sangat merindukanmu. Meski kau berubah sekalipun saat ini.” batinku
Tak lama ia melepas paksa pelukanku. Ia bahkan mendorongku menjauh. Aku tak percaya Dani melakukan hal itu padaku.
“Dani… kenapa..” lirihku.
Mataku memanas. Cairan bening mengalir pelan. Aku terisak melihat perlakuannya barusan.
Ia hanya diam mematung ke arahku. Tatapannya seolah membenciku.
Tiba-tiba nafasku memburu cepat. Dadaku kembali terasa sakit. Bukan sakit karena perlakuan Dani. Tapi lebih sakit dari itu. Terasa panas dan nyeri. Sangat nyeri. Kepalaku terasa berputar.
Apakah waktunya tiba? Haruskah sekarang? Dani, aku menyayangimu. Maafkan jika sikapku selama ini menyebalkan. Terimakasih banyak. Terimakasih untuk mimpinya yang indah, meski kini hanya akan jadi kenangan.
Aku terjatuh dan pandanganku menjadi gelap seketika.
Kedua pemuda itu menatap pusara yang masih baru. Air mata keduanya masih membekas.
“Ini salahku.” lirih Dani
“Kalau saja aku bisa mengerti.” Sesalnya.
“Ini bukan salahmu. Sudah menjadi takdirnya. Aila harus pergi seperti ini.” ucap Nanda.
Dani memandang lekat kakak kekasihnya itu.
“Apa kau tidak membenciku?” tanyanya.
Nanda menghela nafasnya.
“Aku membencimu. Bahkan sangat membencimu. Kau berlaku seperti itu dengan adikku disaat-saat terakhir. Kalau bisa aku akan memukulmu. Sampai kau mati sekalipun aku tidak peduli.” ujar Nanda tenang.
Dani merasakan penyesalan atas perlakuannya pada Aila. Ia sendiri tidak tahu keadaan Aila sampai-sampai mengabaikannya.
“Tapi itu percuma. Kau mati sekalipun, takkan mengembalikan Aila-ku” ujar Nanda memandang Dani. Ia menyodorkan sebuah buku kecil pada Danu.
“Kau harus tahu perasaan Aila. Aku ingin kau menyesal telah memperlakukan adikku seperti itu. Dan saat kau menyadarinya, penyesalanmu tak ada gunanya lagi. Hanya itu satu-satunya karma untukmu.” ucap Nanda seraya berlalu dan menepuk pundak Dani.
Ia buka buku kecil milik Aila.
‘Daily note, Fitriani Aila Hermawan, 9 October 1994’
Terpampang jelas tulisan itu disampul bergambar Princess Aurora.
Ia buka lembar demi lembar tulisan tangan Aila
9 Oktober 2016,
Sudah genap 22 tahun aku hidup. Aku bahagia ada kak Nanda juga Dani disisiku. Mereka selalu mendukungku, melindungiku dan menyayangiku. Ayah, Ibu, putri kecilmu kini sudah beranjak dewasa. Aku merindukan kalian. Kalian apa kabar di sana? Ini tahun kelima tanpa kalian. Tapi aku tidak sedih. Kalau aku sedih, kalian di sana pasti akan sedih juga. Aku berjanji akan selalu bahagia. Love You All.
20 Oktober 2016,
Entah kenapa hari ini mulai terasa berbeda. Dadaku akhir-akhir ini sering terasa sakit, panas, entah mengapa. Tapi hari ini sangat terasa sakit. Aku pergi ke Rumah Sakit. Dokter memvonis aku mengidap penyakit jantung. Dokter mengatakan jantungku terlihat bermasalah sejak lama. Saat ini sudah semakin parah. Aku menangis. Aku tidak tahu harus bagaimana. Bukankah itu berarti hidupku tak lama lagi. Aku tidak mau orang lain tahu. Aku tidak mau menyusahkan kak Nanda. Apalagi Dani, aku tidak mau mengecewakannya.
15 Desember 2016,
Rasa sakit ini kembali menyiksa. Berkali-kali aku masuk Rumah Sakit karena terkena serangan lagi. Kak Nanda akhirnya tahu. Dani, maaf aku sering mengecewakanmu. Aku tidak mungkin mengatakan yang sebenarnya. Maaf aku sering pergi tanpa kabar. Aku sekarang menjalani pengobatan. Aku tidak berharap apa-apa. Aku hanya berhatap kita sempat bahagia sebelum aku benar-benar pergi nantinya.
5 Januari 2017
Happy anniversary 2th Dani, semoga kau selalu bahagia. Kita selalu bahagia bersama. Meski kau sekarang berubah, aku tetap mencintaimu. Aku tahu kau sibuk. Kau sedang berjuang. Semoga berhasil ya sayangku. Aku percaya padamu. Semoga aku bisa menemanimu sampai akhir. Aku akan tetap di sisimu meski kau berubah sekalipun. Aku tahu kau selalu lelah. Tidak apa-apa aku yang mengalah. Aku merindukanmu yang dulu. Aku sangat merindukanmu. Bahagia dan sukses selalu ya sayang. I Love You.
6 Februari 2017,
Lagi-lagi aku harus dirawat. Sakitnya terasa lagi. Lebih sakit lagi aku tidak melihat Dani. Apa ia tidak peduli padaku? Apa ia benar-benar sudah melupakanku. Aku hanya ingin menghabiskan waktu terakhirku bersamamu. Maaf aku tidak jujur tentang keadaanku. Aku sayang padamu. Aku akan berjuang untuk tetap hidup. Mendampingimu mencapai impianmu.
Dani tertunduk lesu. Ia sangat menyesal dengan perbuatannya. Ia memang disibukkan dengan pekerjaannya. Ia bahkan selalu mengabaikan Aila. Ia berencana membalas perlakuan Aila tanpa tahu alasan saat Aila menghindarinya.
Tetapi ia sungguh mencintai Aila lebih dari dari dirinya sendiri. Ia hanya ingin Aila merasakan apa yang pernah ia rasakan. Ia salah, caranya salah. Harusnya ia mencari tahu alasan Aila selama ini.
Nanda benar, penyesalannya takkan berarti. Ia tatap pusara Aila. Tangisnya tak terbendung. Maafnya pun takkan berarti. Seharusnya ia lebih bisa mengerti Aila. Apalagi keadaan Aila yang seperti itu. Ia bodoh, sangat bodoh. Mengabaikan Aila tanpa tahu keadaannya seperti itu.
‘A Little Note For You’
for DS
Cerpen Karangan: Lola
Facebook: Lola
Cerpen A Little Note For You merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.
"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Top