ads

Welcome to My Blog

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5




MUSIK dapat menjadi kehadiran yang kuat di kehidupan banyak orang. Bahkan setiap orang memiliki daftar putar lagu di dalam pikirannya yang bisa membawa kenangan-kenangan tertentu. Bahkan musik juga dapat digunakan di berbagai aktivitas baik untuk berolahrga, menari, pendamping saat bekerja di kantor dan lain sebagainya. Musik juga dapat mempengaruhi efek suasana hati seseorang.
Riset dari the United Kingdom and Finland mengungkapkan ternyata lagu sedih lebih dapat mempengaruhi suasana hati manusia dan lebih mampu membangkitkan kenangan berkaitan pengalaman mereka.
Sebuah tim riset yang dipimpin oleh Profesor Tuomas Eerola dari Durahm University menggali lebih bagaimana beberapa orang membenci dan menghindari lagu sedih sementara yang lain larut dalam emosi dan kenangan.
"Dalam penelitian kami, kami ingin menyelidiki spektrum mengenai pengalaman seseorang saat mendengarkan musik sedih dan menemukan alasan orang mendengarkan musik tersebut, serta menghindarinya," ujar Tuomas dikutip dari Medicaldaily, Kamis (16/6/2016).
Riset tersebut menunjukkan bahwa mayoritas orang-orang yang mendengarkan lagu sedih karena mereka menikmati musik atau terhibur karena lagu yang diputar membawa kenangan mereka kembali. Terdapat 2.436 partisipan yang merasa sakit saat mendengarkan musik sedih tersebut. Biasanya musik mendatangkan kenangan pribadi yang mendalam terkait perceraian atau kematian orang yang dicintainya.
Para peneliti menyebutkan bahwa mendengarkan musik sedih menjadikan pengalaman yang "kesedihan menyenangkan", dan tercatat bahwa pengalaman tidak akan berubah seiring bertambahnya usia.
Eerola mengatakan riset ini menunjukkan sifat fungsional dari pengalaman tersebut. Hal abstrak sebagai reaksi emosional musik berkaitan dengan struktur otak dan sistem saraf.
"Hasil ini dapat membantu kita untuk menentukan cara seseorang mengatur suasana hati mereka dengan bantuan musik, serta bagaimana terapi musik dapat menjadi bagian rehabilitasi karena kenyamanan, bantuan, serta kenikmatan yang dirasakan pendengar," pungkas Eerola.

(hel)

Sumber : 
http://lifestyle.okezone.com/read/2016/06/16/481/1417048/ketahui-alasan-orang-lebih-menikmati-musik-galau

About admin

Nama saya Sudirman Rumakeffing, namun dalam ngeblog saya sering menggunakan Nama Iman Roems. Saya asli dari SBT-Maluku, sekarang bekerja di salah satu Perguruan Tinggi di Ambon, dan sekarang menetap di Ambon - Maluku.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top